Hal-hal untuk Profesional procurement management Baru yang Perlu Diingat

Handsome businessman signing contract with partner Free Photo

Jika Anda beralih dari sektor swasta, ada beberapa perbedaan mendasar dalam cara pengoperasian procurement management yang perlu Anda ingat. Beberapa faktor utama yang berbeda antara lain:

Regulasi. Sementara perusahaan swasta hanya bertanggung jawab kepada pemegang saham dan karyawan, organisasi dan departemen pemerintah didanai oleh pajak publik dan oleh karena itu bertanggung jawab kepada semua orang yang mereka layani. Sektor publik diatur jauh lebih ketat daripada sektor swasta untuk mempromosikan transparansi, kepatuhan, persaingan yang adil dan terbuka, kebaikan sosial, efisiensi, dan nilai bagi publik.

Proses lebih lambat. Sebagian karena peraturan, waktu siklus procurement management bisa memakan waktu jauh lebih lama daripada waktu swasta. Profesional pengadaan harus mengikuti langkah-langkah untuk mempromosikan inisiatif sosial dan hukum, yang juga dapat menciptakan prioritas yang saling bertentangan atau proses yang rumit. Selain itu, meskipun procurement management mengubah teknik dan teknologi, seperti yang dibahas di Bab 6, banyak departemen tidak dapat mengadopsi ide dan teknologi baru secepat sektor swasta karena kesalahan yang mahal dapat mengakibatkan pemborosan dana pembayar pajak.

Anggaran lebih ketat. Tidak seperti perusahaan swasta, yang dapat menyesuaikan anggarannya berdasarkan keuntungan yang diperoleh, lembaga dan lembaga publik bergantung pada pajak dan pinjaman untuk mendanai kegiatan mereka, sehingga terdapat sumber daya yang terbatas untuk dibagi di antara kebutuhan yang bersaing. Selain itu, ada undang-undang yang mengatur bagaimana badan publik menganggarkan uangnya; sebaliknya, perusahaan swasta dapat lebih mudah mengubah anggarannya dan meningkatkan pendapatan dengan mengenakan biaya lebih untuk produk dan layanan.

Fleksibilitas kurang. Kombinasi dari ketiga faktor di atas menghasilkan lebih banyak hambatan, tetapi yang terpenting, procurement management tidak dapat sefleksibel karena jumlah orang yang dapat dipertanggungjawabkan. Pada tahun 2020, pemerintah federal didanai oleh pajak sekitar 330 juta orang. Sementara procurement management berkembang, perubahan diterapkan dengan hati-hati. Karena merupakan tugas sektor publik untuk bertanggung jawab atas uang warga, pengambilan risiko tidak dianjurkan, dan konsep baru umumnya tidak diterapkan sampai keandalannya terbukti.

Pekerjaan lintas departemen. Tidak seperti perusahaan yang sering bersaing satu sama lain, departemen pemerintah bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, termasuk perolehan produk dan layanan. Seperti yang dibahas lebih lanjut di bab 4 dan 6, ada berbagai kolaborasi yang bisa terjadi. Kerja sama dapat dilakukan antara profesional pengadaan individu dari berbagai departemen dalam kelompok kerja pengguna untuk mengatasi tantangan dan menemukan vendor baru. Namun, bisa juga di antara beberapa departemen procurement management dalam bentuk pembelian kooperatif, di mana berbagai lembaga mengeluarkan permohonan penawaran untuk kebutuhan bersama.

Leave a Comment