Inilah Perbedaan Router Wifi dan Access Point

Sulit untuk melihat perbedaan antara access point dan wifi router secara kasat mata, karena memiliki bentuk yang sama di beberapa versi dan merk. Lalu apa perbedaan keduanya dari segi bentuk, fungsi atau aspek lainnya? Router adalah perangkat jaringan yang fungsi utamanya adalah mengelola jaringan area lokal dan mendistribusikan paket data Internet ke semua perangkat yang terhubung. Versi terbaru memungkinkan media transmisi berkabel dan nirkabel atau network jaringan terkelola yang biasa disebut nirkabel. Tingkat penggunaan router dapat dikatakan sedang hingga tinggi yang artinya digunakan pada tingkat jaringan yang kompleks dan membutuhkan jangkauan, segmentasi dan dukungan area.

Apa Itu Router Wifi?

Router adalah satu perangkat dengan dukungan konfigurasi manajemen jaringan, seperti Swich, yang mendukung konfigurasi khusus. Kapasitas penyimpanan RAM menyeimbangkan beban kinerja perangkat, yang sangat memengaruhi tingkat proses. Tidak disarankan menggunakan harga tinggi untuk menyambung ke jaringan komputer lokal dengan mobilitas rendah. Bukan berarti hal ini tidak disarankan. Perangkat Wi-Fi modern dengan berbagai versi dan merek sudah mendukung paket router di dalamnya, sehingga layanan khusus dapat dikonfigurasi di panel Wi-Fi. Wifi router atau Wifi router orang biasa menyebutnya sebagai fungsi mobile dengan harga yang lebih terjangkau karena mendukung akses wireless dan pengelolaan jaringan lokal, seperti alamat IP dan distribusi paket internet.

Dimana Titik Aksesnya?

Titik akses lebih mudah digunakan karena berfungsi sebagai portal jaringan lokal dan dapat mengakses peralatan perumahan secara nirkabel. Sumber daya dari tulang punggung atau tulang punggung akan diubah menjadi sinyal nirkabel melalui kabel, yang kemudian dapat ditangkap oleh perangkat dalam jangkauan tertentu. Sifatnya tidak akan mengubah atau membuat area jaringan komputer baru, tetapi hanya akan meneruskan paket konfigurasi pusat secara langsung. Titik akses biasanya digunakan untuk memperluas atau memperluas jaringan utama, di mana perangkat yang terhubung akan ditempatkan dan kemudian diteruskan ke sumber pusat.

Perbedaan Umum Antara Titik Akses Dan Router Wifi

  • Titik akses digunakan untuk meneruskan langsung paket konfigurasi sumber utama dengan mengubah media transmisi dari akses kabel ke nirkabel. Pada saat yang sama, router Wifi meneruskan paket data dari sumber utama yang dapat dikelola dan mengubah paket data pusat menjadi area jaringan lokal yang dibangun olehnya dalam mode kabel atau nirkabel.
  • Ketersediaan alamat IP pada access point akan mengacu pada alokasi perangkat sumber utama (jaringan backbone), sedangkan router Wifi hanya membutuhkan satu alamat IP dari sumber utama, kemudian dapat digunakan oleh ratusan perangkat melalui metode routing.
  • Harga titik akses seringkali lebih murah daripada router Wifi yang tersedia.
  • Jika masalah seperti konflik IP terjadi, perangkat yang terhubung ke titik akses akan secara langsung mempengaruhi kinerja komputer pusat, tetapi tidak mungkin terjadi pada perangkat dengan sumber router wifi
  • Titik akses biasanya hanya menerima distribusi IP otomatis (klien DCHP), sedangkan router Wifi mendukung penerimaan dan konfigurasi IP otomatis (server DHCP) dari perangkat yang terhubung.
  • Dengan dukungan modem router dari ISP (Internet Service Provider) menyadari skala keluarga, maka jalur akses lebih mudah digunakan karena lebih mudah untuk mengkonfigurasi dan menyederhanakan.

Setelah mengetahui perbedaan access point dan wifi router, mohon jangan salah membeli produk, pastikan wifi router atau access point tertera dengan jelas pada label produk, karena performa dan dukungan fungsi akan berbeda-beda selama penggunaan.

Leave a Comment