Parigi Moutong Bangun Kota Satelit Ke 5 Bumi Di Tepi laut Mosing

 

Parigi Moutong Bangun Kota Satelit Ke 5 Bumi Di Tepi laut MosingBerita PARIGI MOUTONG  Dikala ini Kabupaten Parigi Moutong membuat Kota Satelit ke 5 (5) di Bumi berada di Tepi laut Mosing Dusun Siney Kecamatan Tinombo Selatan. Pembangunan Kota Satelit ke 5 di Bumi itu ialah salah satu program berkuasa Penguasa di tahun 2020.

Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu berkata, dipilihnya tepi laut Mosing bagaikan tempat pembangunan Kota Satelit ke 5 Bumi, sebab tepi laut Mosing ialah pusat Satelit garis Khatulistiwa serta bersebelahan dengan Monumen Khatulistiwa.

“ Mengapa aku seleksi Tepi laut Mosing bagaikan pembangunan Kota Satelit, sebab Satelit ini satu satunya yang terdapat di Bumi Nihil bagian. Ditempat lain benar Khatulistiwa Nihil Bagian, namun lintang utara serta lintang selatan tentu berganti. Bila tidak berganti, panjang timur serta panjang barat tentu berganti. Namun area Satelit Kahatulistiwa di Tepi laut Mosing tidak berganti serupa sekali,” tuturnya.

Tidak hanya jadi area Satelit ke 5 di Bumi, Tepi laut Mosing pula dirintis oleh Bupati Parigi Moutong bagaikan tempat Advertensi Wisata. Dikala ini tepi laut Mosing lagi dalam pembangunan prasarana Wisata, semacam pelebaran jalur mengarah posisi, pembuatan Koteg, Paviliun serta lain lain.

Tidak cuma itu, Tepi laut Mosing pula hendak dijadikan bagaikan Wisata Kuliner Khas Parigi Moutong serta pula Wisata khas yang lain yang terdapat di wilayah lain spesialnya yang terdapat di area Timur pula hendak dipromosikan melalui tepi laut Mosing.

“ Jadi jika terdapat orang ingin cari apa yang terdapat di Parigi Moutong ataupun di Indonesia timur. Tidak butuh jauh jauh ke Moutong, tidak butuh jauh jauh ke Sausu, ataupun ke Irian ataupun ke Luwuk, terdapat seluruh di tepi laut Mosing ini,” Tandasnya.

Melalui Tepi laut Mosing pula tutur Bupati Samsurizal, dirinya hendak menaikkan Hari Pangan Sejagat( HPS) yang dirangkaikan dengan aktivitas For Ikan. Tidak hanya itu tepi laut Mosing hendak direncanakan buat para Diplomatur ialah kunjungan Duta 42 Negeri.

“ Dikala ini telah 42 Negeri yang memasukkan diri buat jadi Diplomatur. Oleh karena itu aku memohon pada warga Parigi Moutong spesialnya warga Kecamatan Tinombo Selatan, marilah kita membuat bersama menyiapkan ini. Kita berlatih dengan tempat Wisata yang lain, yang mengamankan wilayah ini bukan polisi, yang mengamankan wilayah ini merupakan orang itu sendiri. Polisi itu bermukim kita panggil. Coba kita ke Bali tidak terdapat di tepi laut tepi laut polisi, jika terjalin pidana terkini kita mendatangi polisi. Olehnya aku memohon pada warga yang ingim membuat Pariwisata jagalah keamanan. Masyarakatnya wajib ramah alhasil orang suka tiba ketempat ini,” Tutupnya, Minggu (5 atau 1 atau 20).

Leave a Comment