Pengertian Invoice dan Cara Memperoleh Pembayaran Invoice Tepat Waktu

Dalam suatu transaksi bisnis, tidak semua pembeli akan membayar pembelian secara kontan. Apalagi bisnis dalam skala besar, tentu ada pembeli yang melakukan pembayaran secara kredit, meski tidak menutup kemungkinan hal ini juga terjadi pada bisnis skala kecil.

Dalam melakukan penagihan, tidak langsung menagih tanpa bukti. Perlu adanya bukti yang mengingatkan pembeli untuk segera membayar dan bukti bagi penjual untuk mengingatkan atau menagih pembeli apabila sudah tiba tempo pembayarannya.

Inilah salah satu fungsi invoice, dimana fungsi invoice adalah sebagai alat untuk melakukan penagihan bagi pembeli yang belum membayar tagihannya. Lalu selengkapnya, pembahasan mengenai invoice adalah sebagai berikut.

Sumber: https://www.freepik.com/free-vector/man-catching-money-with-machine_894675.htm

Pengertian invoice adalah

Invoice adalah dokumen resmi yang sifatnya penting, dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli sebagai bukti transaksi kredit yang dilakukan. Yang termuat di dalam invoice adalah data – data pembelian, seperti nama produk barang atau jasa yang dibeli, harga tiap produk, serta total harga. Pajak pun disertakan di dalam invoice.

Lebih lengkap lagi, informasi penting lain di dalam invoice adalah identitas penjual dan pembeli yang tertera di atas invoice, nomor rekening jika pembayaran dilakukan melalui rekening bank, serta tempo pembayaran dan diskon jika ada.

Cara Menerima Pembayaran Tepat Waktu pada Invoice adalah

Sumber: https://www.freepik.com/premium-vector/hand-giving-receipt-bill-another-hand-giving-cash-money_1866018.htm

Invoice digunakan juga sebagai alat untuk menagih transaksi yang belum dibayarkan meskipun telah masuk jatuh tempo. Sayangnya, meskipun sudah ada invoice dan dimiliki oleh penjual serta pembeli, masih ada saja pembeli yang telat melakukan pembayaran.

Oleh karena itu, harus ada tips dan cara supaya pembeli tidak telat membayarkan invoice. Jika invoice dibayarkan tepat waktu, tentu akan sangat membantu melancarkan arus keuangan perusahaan.

Berikut cara memperoleh pembayaran tepat waktu pada invoice adalah:

  1. Kirim ke Orang yang Tepat di Waktu yang Cepat

Supaya cepat memperoleh tagihan invoice, cara yang tepat adalah mengirim kepada orang yang tepat. Terkadang, penjual mengirim invoice di divisi lain yang tidak berkepentingan dengan pembayaran invoice, sehingga invoice tidak segera dibayarkan. Dan yang terpenting, setelah transaksi selesai, perusahaan harus segera mengirim invoice kepada pembeli supaya pembeli segera mempersiapkan pembayaran tagihan.

  1. Berikan Batas Pembayaran Lebih Awal

Tidak sedikit pembeli yang membayar melebihi waktu jatuh tempo, dan ini menjadi penghambat arus keuangan perusahaan. Oleh karena itu, tidak masalah jika memberikan batas pembayaran lebih awal sebelum jatuh tempo, misalnya 2 minggu sebelum tanggal jatuh tempo.

  1. Memberikan Diskon untuk Pembayaran Lebih Awal

Pihak penjual atau perusahaan dapat memberikan diskon sebagai reward bagi pembeli yang telah melakukan pembayaran tagihal lebih awal. Dengan cara ini, pembeli akan lebih semangat di kemudian hari untuk melakukan pembayaran lebih awal.

  1. Denda bagi Keterlambatan Pembayaran

Sebaliknya, penjual dapat memberikan denda bagi pembeli yang telat melakukan pembayaran. Diharapkan ada efek jera bagi pembeli sehingga kedepannya tidak lagi telat melakukan pembayaran.

  1. Mengirim Pengingat sebelum Jatuh Waktu Tempo

Biasanya, jatuh tempo pembayaran invoice berlangsung selama 30 hari. Dalam waktu tersebut, terkadang pembeli lupa akan waktu jatuh tempo. Oleh karena itu, baik jika pihak penjual mengirikan pengingat kepada pembeli untuk melakukan pembayaran sebelum waktu jatuh tempo. Tentu dengan kalimat yang sopan dan baik.

Dengan cara tersebut, tentu arus keuangan perusahaan dapat kembali lancar karena pembeli membayar tagihan tepat pada waktunya.

Leave a Comment